Rabu, 10 November 2010

It’s gonna be a boring day

Baru pukul 8.36 pagi dan aku udah mulai ngetik rangkuman kegiatanku hari ini. Kok bisa? Bisa aja sih kalo aku udah tau keseluruhan kegiatanku hari ini bakal kayak gimana. Yang jelas bakal ga kamana-mana, stuck here in my small room. Why?? Entahlah, aku juga ga tau kenapa, padahal yang lain udah pada siap-siap mau ikut kulum obama ato ikut aksi demo Kuningkan Jakarta Jilid 2.
Kalo ditanya, “ga ikut Kuningkan Jakarta ti?”
Jawaban standartku, “ga ah, udah janji sama mama ga bakal ikut begituan.” Gak bohong sih, pagi ini aja mama udah telpon lagi bilang aku ga boleh ikut demo, tapi selain itu sebenernya aku males aja panas2an di jalan menyuarakana hal-hal yang aku sendiri ga sepenuhnya paham ato cuma aku tau dari satu sisi aja(sisi yang dikemukakan pemimpin demonstrasi). Bukannya aku ga peduli sama kepentingan rakyat kecil—apalagi setelah apa yg kualami di SHARE—tapi aku cuma lebih suka cara non-demo aja buat membela kepentingan rakyat. Kalo masuk BEM mungkin aku bakal pilih divisi sosmas.

Pertanyaan kedua yang lebih sering ditanyakan, “Ga ikut Kuliah Umum Obama ti??”
Jawabanku dengan wajah sok penting, “ga ah, males.”
Jelas jawabanku ini mirip sekali dengan jawaban yang menganggap beauty pageant is stupid. Alasan kenapa ada orang menganggap kontes kecantikan adalah hal bodoh karena mereka merasa terlalu penting buat peduli sama hal remeh begitu, atau mungkin juga karena mereka—sama seperti aku—ngerasa ga mungkin akan ada di posisi gadis-gadis yang terlahir cantik sekaligus talented seperti para peserta kontes kecantikan dan ngerasa ini semua ga adil.
Pernah emang aku hamper ada di posisi itu, beauty pageant tingkat sekolah alias Putra-Putri Bhawikarsu. Sayangnya, waktu itu aku ngerasa terlalu penting dan sama sekali ga berambisi buat menang. Padahal mungkin aku bisa menang kalo aku mau. Tapi mungkin juga ga, mengingat aku ga cantik-cantik amat, ga punya bakat (kecuali kalo tertatih-tatih main gitar bisa dibilang bakat), dan aku juga ga pinter bicara di depan umum (jangankan di depan umum, di depan orang yang lebih tua aja susah). Baru sekarang kerasa aku menyia-nyiakan kesempatan—yang entah ada ato ga—buat menang kontes PPB itu.


Dan sekarang—meski belum terjadi dan oleh karena itu seharusnya belum bisa disesali—aku menyesal sekali lagi telah menyia-nyiakan kesampatan buat ketemu Obama. Plis deh, kapan lagi coba dalam hidupku yang singkat ini bisa ketemu sama orang sepenting OBAMA. Emang sih dia juga manusia biasa yang juga butuh makan dan boker seperti manusia lain pada umumnya, tapi he’s not just a regular person, he’s the president of United State of America! Dan kebetulan sekali saat ini Amerika masih menjadi negara adidaya which means Obama bisa dibilang presiden dunia. So what’s the big deal? Kenapa ga ikut aja kulumnya toh belum telat ini? Masalahnya adalah, well, meskipun aku ngerasa sok penting, ternyata aku juga ga sepenting itu. I’m not invited. See, aku ga dapet undangannya jadi aku gabisa dateng. Trus sapa aja yang dapet? Entahlah, ada yang bilang tiap ukm dikasih jatah kursi buat ngirim perwakilannya dateng ke KULUM Obama. Ada juga yang bilang bisa daftar ke Mahalum. Udah banyak anak-anak fakultas lain yang daftar ke mahalum fakultasnya. Sayangnya, aku—dan kesokpentinganku—ga ikut daftar ke mahalum FE. Tapi itu juga karena alasan yang masuk akal—terlepas dari rasa sok pentingku. Pertama, anak FEUI ga dapet jarkoman buat daftar kulum Obama. Beda banget sama fakultas lain—misalnya FKM—yang di jarkom sapa aja yang mau daftar buat ikut kulum. Karena ga ada jarkom jadi kupikir FE emang ga ngebolehin mahasiswanya ikut ato mungkin Cuma orang-orang penting aja yang boleh ikut. Kayak ketua bem, ketua FSI, ketua BO/BSO lainnya, Tasya, Bene (siapa tau dua orang terakhir yang kusebut ini beneran diundang, mereka kan Maba paling Eksis yang ke-eksis-annya melebihi ketua angkatan dan ketua jurusan, so who knows?). alasan kedua, kalaupun aku dapet jarkom, mungkin aku bakal menyangsikan keabsahannya dulu mengingat beberapa hari yang lalu juga ada jarkoman kalo pendaftaran Kulum Obama bisa lewat dilakukan lewat email dan ternyata info itu Hoax alias dusta belaka. Untungnya aku belum mendaftarkan diri dan mencantumkan info-info yang mungkin aja bisa disalahgunakan. But still, kalo aja info pendaftaran itu bener, mungkin aku bakal ikut Kulumnya Obama. Selain ini bisa jadi bahan cerita yang bagus, ini juga kesempatan sekali seumur hidup yang dengan bodohnya kubuang begitu aja keluar jendela.

So here I am, stuck in my room and I haven’t decided what to do to spend my totally-gonna-be-boring day. Mungkin aku bakal ngetik-ngetik sambil makan makanan ringan yang bikin aku harus bersusah payah biar remah-remahnya ga mengotori kasur. Beberapa menit mungkin bakal kuhabiskan buat ngerjain peer yang bakal dikumpulin beberapa minggu lagi, sisanya mungkin bakal kuhabiskan dengan menonton video online n main game yang baru aja kudownload dengan susay payah mengingat sinyal tri sering ga stabil. Moga-moga aja sinyal tri lagi baik hari ini mumpung ada presiden Obama di sini (meskipun itu sama sekali ga nyambung). Denger-denger malah kalo Obama lagi di sini seluruh sinyal seluas radius 16 km or so, bakal di matikan. Aku setengah berharap itu cuma hoax biar aku ttep bisa ngenet. Setengahnya lagi aku berharap beneran biar bisa cerita ke orang-orang kalo sinyal hapeku mendadak ilang pas helicopter Obama turun. Oia, btw, kamarku mungkin cuma berjarak sekitar 3 km dari gedung Kulum Obama. Kenyataan itu menambah panjang daftar alasan kenapa aku nyesel ga bisa ikut kulum Obama. Hiks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar