Sabtu, 25 April 2009

Jurus Jitu Menjadi guru ppL yang Disayangi semua Murid Di Kelas

[Tips ini adalah non-fiksi belaka. Kesamaan pada nama, tempat, dan peristiwa bukanlah kebetulan. Bagi pihak yang merasa tersentil, tergelitik, atau tersindir, kami mohon maaf dan harap maklum^^]
Anda adalah seorang mahasiswa/i ppL yang merasa tidak dihargai, tidak diperhatikan, tidak digaji (??!), dan tidak digubris oleh murid ? inilah saat yang tepat untuk berubah ! dengan jurus jitu super actual yang ditulis langsung oleh murid yang tidak menghargai, tidak memperhatikan, tidak menggaji (??!), dan tidak menggubris guru-guru ppL ini, anda bisa mengetahui cara-cara ampuh untuk menjinakkan kelas liar. Gag percaya? Baguslah… :p


1. Bapak-bapak Ibuk-ibuk, yang suaranya keciil, boleh kok bawak mic ke dalem kelas.
Jikalau missal seandainya anda ingin menarik perhatian murid-murid yang hobi nggosip dan senguin(?!), cara yang paling ampuh adalah dengan suara yang keras. Gag peduli betapa gag pentingnya pelajaran yang anda sampaikan, asal dengan suara keras, pasti menarik perhatian siswa. Buat bapak2 ibuk2 yang udah dari sononya bersuara keciil, stop menyalahkan takdir! Sekarang udah ada teknologi baru judulnya mic. Abaikan guru kelas sebelah yang tiba-tiba nongol trus tanyak, “Lho Bu, disini lagi ada kondangan ya?” abaikan juga kepsek yang lewat sambil melongo, karena di sini yang terpenting adalah menarik perhatian murid !

2. Praktikumnya yang banyak doong..

Pilih mana, ngadain praktikum biar murid-murid belajar sendiri atau repot-repot ngajar di depan kelas teriak-teriak tapi gag ada yang ndengerin? Kalo misalnya ada murid yang gag paham gr2 gag diterangin? Yaaaah, itu sih urusannya murid sendiri laa..

3. Intinya adalah menerangkan yang ada di buku bukan membacakan dan menulis ulang
Kalo anda tetep nekat pingin ngajar teriak-teriak di depan kelas, pastikan anda menerangkan dengan baik dan benar. Caranya? Ya terangin aja rumus-rumus yang ada di buku itu dari mana asal muasalnya (gag penting nerangin sapa yang nemuin , lahir dimana, hobinya apa, zodiaknya apa, makanan n minuman favoritnya apa). Cukup jelasin aja kira-kira mana yang bakal keluar di ulangan, trus gimana cara pake nya..

4. Jangan kasih tugas banyak-banyak
Masak gag kasian sih sama murid-muridnya ??!

5. Pliss jangan bikin dunia sendiri sama papan.
Sepertinya di sini terdapat kesalahan konsep tentang menerangkan. Nerangin di depan kelas sih boleh-boleh aja, tapi OMG, bapak-bapak, ibuk-ibuk, yang diterangin tu muritnyaa, bukan papannya ! gimana muritnya mau pinter kalo 6 jam seminggu dihabisin buat ngomong sama papan. Gag heran ntar kalo ada papan jadi arsitek, dokter, pengacara, dll, dst, dsb… =_____=

6. Bikin soal ulangan jangan sulit-sulit
Trik rahasia biar disayang murit-murit sekelas……selalu bikin soal ulangan yang guampang biar semua murit dapet 100 ^^

7. Jaga ulangan jangan sambil melotot..
Santé aja laah.. pernah sma juga kan ? pernah ngerasain ulangan juga kan? Maka daripada itulah sehingga di anjurkan pada bapak-bapak ibuk-ibuk agar supaya saat menjaga ulangan jangan terlalu ketat..give us a break…gag usah melototin murit satu-satu (gag kedip pula)..kebetulan tugas mulia tsb udah ada yang punya, yaitu tak lain dan tak bukan adalah milik Om CCTV yang selain telah merampas hak privasi murit, juga menguras harta rakyat…untuk apa mendatangkan Om CCTV ?? Entahlah, saya juga tak tau..

Nah, demikianlah 7 jurus jitu menjadi guru ppL yang disayangi murit-murit..bahkan saat berada di kelas paling liar sekalipun…semoga bermanfaat ^^


4 komentar:

  1. tambah 2 lagi.
    1. janganlah anda memperlakukan murid seperti anak TK
    kalo emang dirasa catatan anda perlu dan berguna untuk dicatat, bilang saja,"Insyaallah ini keluar di ulangan". tidak perlu berkoar2,"anak-anak! dicatet ya! Hayo! dicatet, bentar lagi saya hapus lo papannya"
    2. Jangan memperlakukan anak SMA sperti anak kuliahan ato anak jenius.
    jangan pernah menerangkan sesuatu yang ngalor ngidul nggak jelas sampe sang murid berkata, "Bu, itu apa seh? gak ngerti".
    dan awas aja kalo anda sampai bilang, "Ya, cukup untuk tahu saja, nggak bakal keluar di ulangan, ini masih pelajaran saya semester kemaren kok"
    Eng ing eng.... sang murid akan berasa idiot....

    BalasHapus
  2. hahahaha .bener juga ni, Ti... keren2

    BalasHapus
  3. @tora tora :hhaha..
    bner juga tor..sepertinya saia pernah mengalami yang seperti itu :p

    @ayaaaa : mksii aya, ni sepenuhnya bedasarkan fakta dan pengalaman pribadi :p
    pernah mengalamu hal yang sama?

    BalasHapus
  4. Kocak bener tipsnya tapi memang masuk di akal. Pernah juga ngerasain ppl apalagi kebanyakan cewek waduuuuh. Hehe

    BalasHapus